Hi Sobat Gajahgembira,

Pasti sudah tidak asing lagi dengan Ulos kan ? Nah sudah pasti semua tahu kalau Ulos adalah kain tenun khas Toba yang memiliki banyak jenis dan berbeda makna serta nilainya untuk tiap jenisnya dalam lingkungan adat Batak. Kali ini tim gajahgembira ingin mengulas satu produk ekonomi kreatif dari satu komunitas alumni ITB GajaToba yang merupakan komunitas Alumni ITB yang memiliki kecintaan dan kepedulian serta solidaritas untuk Toba. 

Dept PAREKRAF GajaToba menginisasi gerakan beli ulos "asli" Toba untuk mendukung para penenun di kampung, agar mereka tetap mau menenun ulos dengan motif yang "asli". 

Harga yg tidak murah, dan persaingan dengan ulos hasil tenun mesin, membuat banyak penenun yg akhirnya berhenti menenun ulos dgn motif "asli", beralih ke motif yg lebih simple, mudah dibuat dan murah. Semakin lama, semakin sulit pencari penenun yg memiliki kemampuan utk membuat jenis ulos yg "asli". 

Dengan memberikan kepastian adanya permintaan/pesanan, dan melakukan pembayaran di depan, Kita dapat ikut melestarikan kekayaan budaya Batak. 

Ulos Harungguan adalah salah satu ulos yang dapat teman2 pesan. Memiliki perpaduan warna Dan motif yg sangat beragam membuat ulos ini pantas mendapat sebutan "raja ni ulos" 

Selain Harungguan, dapat dipesan ulos jenis Ragi Hotang dan Bintang Maratur. 

Lama pembuatan 1-2 bulan sejak pemesanan.

Silahkan menghubungi langsung ito Lindes Gultom di no WA
+62811989431

 https://www.instagram.com/p/CQNPtIklkS7/?utm_medium=copy_link